Ada Banyak Macam Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta. Bertani adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bermanfaat sebagai kegiatan yang mengusir kebosanan, beternak juga bisa dilakukan sebagai hobi. Pembibitan juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika benar-benar dilakukan.

 

Begitu tersirat keinginan untuk memulai bisnis peternakan, kebanyakan orang akan merasa minder pada awalnya. Karena itu pasti membutuhkan modal yang sangat menguras tenaga.

 

Namun jangan salah, beberapa usaha peternakan, baik perikanan maupun peternakan, hanya membutuhkan Rp. 5-10 juta di ibukota. tidak percaya? Langsung saja kita simak 5 usaha peternakan yang hanya butuh modal Rp 5-10 juta saja.

11 Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta Bisa Dapat Laba Besar
Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta

Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta

Saat ini sudah banyak Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta saja yang bisa anda jalankan. Pilihannya mulai dari ayam, bebek, puyuh, kambing, dan sapi, hingga ikan. Anda bisa menjalankannya dengan mempertimbangkan jenis ternak mana yang diminati dan dikuasai dengan proses perawatannya.

 

Pembibitan adalah hal yang mudah dilakukan. Dengan modal 10 juta juga memungkinkan untuk melakukan kegiatan peternakan. Ada beberapa macam usaha peternakan yang bisa dilakukan meski dengan modal 10 juta, berikut jenis-jenisnya:

 

1. Ternak Ayam

Bisnis Peternakan pertama yang bisa Anda jalankan Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta adalah Peternakan Ayam. Saat ini sudah banyak yang menjalankan ternak ini dan usahanya terus berkembang. Disini anda bisa memilih mau memelihara ayam petelur atau mengkonsumsi ayam.

 

Untuk memulai dengan keduanya, Anda dapat mendahului mereka dengan menyiapkan kandang. Kandang untuk ayam petelur umumnya sedikit lebih rumit dan lebih mahal.

 

Ukuran kandang ini sendiri bisa disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan, dan bibit ayam yang Anda beli. 1 ekor ayam petelur umumnya harganya 45 ribu. Sedangkan bibit ayam potong yang masih kecil biasanya di kisaran 7 ribu per ekor.

 

9 Franchise Cemilan Kekinian Jadi Ladang Menguntungkan

2. Ternak Sapi

Selain kambing, Anda juga bisa mulai menjalankan peternakan. Sapi bisa mulai dengan satu atau dua ekor sapi kecil. Modal 10 juta sudah cukup untuk membelinya. Jika Anda sudah memiliki taman dengan banyak rumput, maka ini akan lebih menguntungkan.

 

Setelah sapi dapat dijual dalam satu tahun, Anda dapat membeli kembali hasil penjualan sapi dalam jumlah yang lebih besar, dan mengembangkannya lagi. Namun, bisnis ini hanya bisa dijalankan di desa.

 

Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta saja sudah bisa membeli bibit sapi. Sehingga mereka bisa memulai kegiatan bertani. Cara melakukannya juga mudah, yaitu memberi makan sapi dan merawatnya sampai besar.

 

Setelah sapi trah matang, dapat dipanen dan dijual di pasar. Biasanya permintaan daging sapi cukup besar karena dagingnya. Selain daging yang bisa dijual dari sapi adalah susu.

 

3. Ternak Puyuh

Selain ayam dan itik, burung puyuh juga cukup prospek untuk diternakkan. Jika Anda telah mempelajari triknya, Anda dapat menjalankannya dengan mudah. Modal 10 juta juga sangat cukup bagi Anda untuk memulai bisnis ini.

 

Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta bisa digunakan untuk membeli 5.000 bibit puyuh, juga untuk pembuatan kandang. Jika dijalankan dengan baik, bisnis peternakan burung puyuh ini akan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Anda bisa menjual telur, juga daging puyuh.

 

7 Contoh Bisnis Waralaba Yang Sukses di Beberapa Kota Besar

4. Ternak Ayam kampung

Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta bisa menjadikan ayam kampung sebagai pilihan ternaknya. Usaha ayam kampung skala kecil bisa menjadi usaha sampingan karena peternak hanya perlu memberi makan ayam 2-3 kali sehari.

 

Namun jika para pebisnis memilih untuk memulai bisnis ayam kampung dalam skala besar, sebaiknya para pebisnis tidak menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan.

 

5. Ternak Ikan lele

Calon pengusaha yang tidak memiliki modal besar bisa memulai bisnis ikan lele. Banyak pekerja yang menjadikan ikan lele sebagai usaha sampingan.

 

Karena lele merupakan ikan yang tahan terhadap kondisi iklim di Indonesia, maka lele tidak mudah mati. Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta, para pebisnis bisa membudidayakan ikan lele di beberapa kolam kecil.

 

Setelah lele memasuki masa panen, bisa dijual meski dengan harga murah. Namun karena permintaan pasar yang besar, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat

 

Masa panen ikan lele juga cukup cepat, sehingga menjadi keunggulan lain dari ikan lele yang menjanjikan ini. Budidaya ikan lele merupakan kegiatan bisnis yang mudah dilakukan. Cukup dengan memberi makan lele dan meneteskan benih sampai besar setelah dipanen.

 

6. Ternak Semut Kroto

Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta juga bisa memulai bisnis kroto atau pakan burung. Kroto merupakan bisnis yang menjanjikan karena menjadi makanan favorit berbagai jenis burung. Bisnis kroto juga bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan jika pengusaha mampu mengelolanya dengan baik.

 

7. Ternak Ikan patin

Selain lele, lele juga bisa menjadi pilihan para calon pebisnis yang memiliki Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta. Ikan lele bahkan memiliki daya tahan yang lebih kuat dari ikan lele. Selain itu, harga jual ikan lele juga lebih mahal dan rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan ikan lele.

 

Franchise Minuman Modal 1 Juta Modal Relatif Kecil dan Murah

8. Ternak Ikan Hias

Usaha budidaya ikan lain yang juga direkomendasikan saat ini adalah budidaya ikan hias. Permintaan ikan hias di pasaran saat ini cukup banyak. Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta saja sudah cukup untuk menyiapkan tempat hidup ikan, sekaligus membeli bibit. Modal ini juga bisa disisakan untuk biaya pakan dan pemeliharaan.

 

9. Ternak Bebek

Jika Anda ingin memulai Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta, beternak bebek juga bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Permintaan daging dan telur bebek tidak pernah habis, sehingga membuka peluang bagi Anda.

 

Lebih tepatnya, Anda dapat memilih untuk mengambil telur atau daging untuk dijual. Modal untuk beternak itik tidak lebih besar dari modal untuk ayam, jadi modal 10 juta tentu cukup.

 

10. Ternak Karnbing

Jenis Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta, Lalu Ada Kambing. Bisnis peternakan ini memang sudah populer dan dilakukan oleh banyak orang. Termasuk dalam bisnis peternakan yang mudah dan tidak ribet.

 

Hanya dengan modal 10 juta sudah bisa membeli indukan dan bibit kambing. Bahkan sudah bisa membangun kandang dan menyediakan pakan, vitamin, dan biaya peralatan lain yang diperlukan.

 

11. Ternak Domba

Jenis Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta Yang Terakhir adalah Domba. Kegiatan beternak domba dapat dilakukan oleh siapa saja dan relatif mudah dilakukan. Kegiatan ini juga tidak menggabungkan banyak tempat.

 

Cukup dengan modal 10 juta saja sudah bisa membeli indukan dan domba. Cara melakukannya mudah, hanya memberi makan sampai domba siap panen dan merawatnya.

 

Akhir Kata

Itulah sederet Usaha Ternak Dengan Modal 10 Juta. Usaha peternakan diatas bisa dilakukan jika memang anda suka dengan hal ini, jika anda tertarik untuk melakukan kegiatan peternakan silahkan siapkan modalnya terlebih dahulu.

 

Sumber: bisniz.id, idntimes.com dan infobisnisku.com