Seiring dengan perkembangan industri otomotif, kebutuhan akan suku cadang juga semakin meningkat untuk memenuhi keberlangsungan bisnis. Banyak sekali peluang Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal jika kita benar-benar menelaahnya lebih dalam di bidang ini. Salah satunya adalah bisnis bengkel.

 

Bengkel biasanya memiliki bengkel sendiri untuk operasional sehari-hari. Pernahkah Anda memiliki ide di mana kami tidak memiliki bengkel tetapi kami dapat menjalankan bisnis bengkel? Hmm pasti bingung kan? Bagaimana cara melakukannya?

 

 

Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal

Tahukah Anda perkembangan dunia otomotif di Indonesia akan semakin berkembang di masa depan. Jadi, peluang Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal sangat menggiurkan, karena dapat dilihat dari keseriusan pemerintah dalam membuat infrastruktur yang akan mendukung pertumbuhan otomotif yang lebih cepat. Belum lagi rencana pemerintah menjadi tuan rumah Formula E.

 

Apakah Anda pikir Anda sudah tahu ke mana kita akan membawa Indonesia kita? Dan dari sinilah ide itu muncul. Mengapa tidak membuat bisnis bengkel online dengan menggunakan basis aplikasi mobile atau website sebagai media akses alat.

 

Tapi apakah bisa memulai Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal? Jawabannya iya. Dalam hal ini, Anda dapat mengambil beberapa solusi:

 

Berkolaborasi dengan Orang Lain

Salah satu cara memulai Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal yang bisa Anda lakukan adalah dengan bekerja sama dengan orang lain. Disebut tanpa modal karena Anda sendiri tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk memulai. Meski pada kenyataannya masih membutuhkan modal, mitra yang Anda ajak bekerjalah yang menyediakannya.

 

 

Anda bisa mengajak saudara, rekan kerja, atau teman untuk menjalankan bisnis suku cadang sepeda motor. Dalam bentuk, mitra yang Anda undang untuk berkolaborasi menyediakan modal, sementara Anda yang murni mengelolanya. Sistem bagi hasil tentunya untuk hasil. Persentase untuk hasil sesuai kesepakatan.

Cara Jadi Distributor Ban IRC Paket Bisnis Ban IRC 60 Juta

Bekerja sama dengan Distributor Spare Part Sepeda Motor

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis suku cadang sepeda motor tanpa modal adalah dengan mengajak kerjasama dengan distributor suku cadang sepeda motor.

 

Anda hanya menyediakan tempat Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal, kemudian distributor suku cadang mendistribusikan suku cadang untuk dijual. Biasanya, ada kesepakatan antara Anda dan distributor suku cadang mengenai waktu pembayaran.

 

Distributor suku cadang sepeda motor tempat Anda bekerja terkadang menentukan waktu satu bulan untuk melakukan pembayaran penuh, atau yang lainnya. Semuanya tentu kembali ke kesepakatan awal antara Anda dan distributor.

 

Sekedar saran: Pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk membuat kesepakatan. Buatlah kesepakatan yang Anda yakini dapat Anda penuhi.

 

Jual Spare Part Online

Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, peluang bisnis yang terbuka juga semakin besar. Salah satunya adalah Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal. Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan mode apa pun kecuali akses internet dan biaya pembuatan situs web.

 

Sebelum memulai, Anda harus pergi ke toko yang menjual suku cadang terlebih dahulu. Anda dapat menyampaikan keinginan Anda untuk ikut mempromosikan penjualan suku cadang sepeda motor. Setelah disepakati, Anda tinggal memotret suku cadang sepeda motor yang mereka jual.

 

Selanjutnya, Anda hanya perlu mempromosikan suku cadang untuk dijual di media sosial tempat Anda aktif. Anda juga bisa membuat website khusus untuk penjualan atau membuka lapak di marketplace yang banyak bermunculan saat ini.

 

Setiap kali terjadi pembelian, Anda hanya perlu pergi ke toko untuk mengambil suku cadang yang dipesan oleh pemesan dan mengirimkannya kepadanya.

 

Untuk mendapatkan keuntungan, Anda bisa menjual dengan harga di atas harga jual yang ditawarkan oleh toko yang menjual suku cadang tersebut. Nah, perbedaan harga itu adalah keuntungan Anda.

 

Kalau bisa melobi, bisa minta potongan harga dari pemilik bengkel spare part motor. Dengan begitu, Anda bisa menjual suku cadang dengan harga yang sama dengan toko tempat Anda bekerja sama.

 

Begitulah gambaran bisnis suku cadang sepeda motor tanpa modal. Meski hal ini bisa diwujudkan, Anda harus bekerja lebih keras dibandingkan jika Anda menjual suku cadang dengan modal awal yang memadai.

 

Belum lagi keuntungan dari penjualan suku cadang dan pelumas serta aksesoris pendukung lainnya. Jika berjalan lancar, Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal. Tapi, sebelum memulai, Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu.

Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal Besar, Kira-Kira 60 Jutaan
Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal

Detail Modal Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal

Nah, mari kita hitung modal minimum untuk membuka bengkel, yuk. Berikut perhitungan modal untuk membuka Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal besar.

 

1. Biaya Sewa Lahan

Sewa tempat untuk bengkel bisa menjadi pengeluaran terbesar. Karena menyewa tempat saat ini tidaklah murah, apalagi jika tempat tersebut berada di kawasan yang ramai dan strategis. Namun Anda bisa menganggarkan untuk biaya sewa tempat sebesar Rp 30 juta.

 

Selain biaya sewa tempat, Anda juga harus mengalokasikan sekitar Rp. 10 juta untuk merenovasi tempat yang anda sewa nantinya agar bengkel anda bisa cukup nyaman bagi pelanggan.

 

2. Biaya peralatan

Setelah menyewa tempat, langkah selanjutnya adalah membeli peralatan bengkel, seperti kunci pas, tang, palu, gerinda, bor, dan kompresor. Berikut beberapa alat bengkel dan perkiraan harganya:

  1. 1 set cabang Y 3 kunci: Rp 60 ribu
  2. 1 set kunci L: Rp 185 ribu
  3. 1 set kunci pas: Rp 450 ribu
  4. 1 set kunci ring: Rp 200 ribu
  5. 1 set kunci ring: Rp 550 ribu
  6. 1 set kunci T: Rp 200 ribu
  7. 1 set obeng minus plus: Rp. 120 ribu
  8. Bor tangan: Rp 400 ribu
  9. Gergaji Besi: Rp 75 ribu
  10. Gerinda tangan: Rp 500 ribu
  11. Kompresor udara: Rp 1,5 juta
  12. Kunci Bintang: Rp 50 ribu
  13. Kunci busi motor bebek 3 jenis: Rp100 ribu
  14. Kunci Pas 45mm: Rp 150 ribu
  15. Obeng ketuk: Rp 150 ribu
  16. Pahat: Rp 25 ribu
  17. Palu besi dan karet: Rp 150 ribu
  18. Penggiling duduk: Rp 200 ribu
  19. Ragum: Rp 500 ribu
  20. Shock lock and handle: Rp 200 ribu
  21. Tang besi: Rp 120 ribu
  22. Tang, potong, buaya, buka klip dan tutup klip: Rp 200 ribu

 

Total biaya untuk membeli semua peralatan tersebut sekitar Rp. 6.085.000,00

 

3. Biaya untuk membeli Sparepart Motor

Masih ada biaya lain yang harus Anda keluarkan yaitu membeli suku cadang fast moving, seperti paking karburator, paking knalpot, paking blok mesin, sakelar, panel, baut mesin, kanvas, dan busi.

 

Spare part ini perlu anda stok karena banyak permasalahan pada sepeda motor yang bersumber dari spare part tersebut. Selain itu, Anda juga perlu melakukan stok pelumas agar pelanggan dapat melakukan servis dan penggantian oli di bengkel Anda.

12 Distributor Ban IRC Surabaya Baik Ban Dalam Maupun Luar

Berikut kisaran harga Sparepart Motor dan pelumas:

  • Pelumas : Rp 3.500.000
  • Suku cadang: Rp3.000.00000
  • Total: Rp 6.500.000

 

4. Biaya operasional perlu dipertimbangkan juga

Selain Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal besar, ada biaya lain yang harus Anda siapkan yaitu biaya operasional. Biaya ini sudah termasuk gaji dua orang karyawan untuk mekanik dan admin.

 

Biaya listrik dan biaya lainnya juga harus diperhitungkan. Secara kasar, Anda bisa mengalokasikan Rp 7.380.000 untuk tiga bulan operasi.

 

5. Berapa total biayanya?

Oke, sekarang saatnya menghitung total biaya yang harus Anda persiapkan untuk membuka bengkel.

 

Berikut adalah poin biayanya

  • Biaya sewa tanah dan renovasi: Rp 40.000.000
  • Biaya peralatan: Rp 6.085.000
  • Biaya suku cadang dan pelumas: Rp 6.500.000
  • Biaya operasional (3 bulan): Rp 7.380.000
  • Total modal: Rp 59.965.000

Jadi, jika dibulatkan, maka total biaya Usaha Sparepart Motor Tanpa Modal besar adalah Rp. 60 juta. Bagaimana, tertarik mencoba?

 

Berapa persen keuntungan dr jual part motor?

Untuk keuntungan dari bisnis sparepart motor ini memang tidak besar, jika dihitung per satu item yang dijual. Karena untuk satu itemnya seseorang hanya bisa mendapatkan keuntungan dari harga jual paling tinggi 10%.

 

Berapa modal awal buka bengkel motor?

Jika ditotal modal awal untuk mulai menjalankan usaha bengkel motor adalah sebesar Rp40 juta.

 

Spare part motor apa saja?

Jenis Spare Part Sepeda Motor. Aki motor. Kita tahu aki motor merupakan komponen sepeda motor yang penting dan harus diperhatikan.

 

Apakah usaha bengkel motor menguntungkan?

Usaha bengkel motor akan sangat menguntungkan karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak sedikt orang yang memiliki kendaraan bermotor saat ini. Di dalam satu rumah saja, biasanya tidak hanya satu kendaraan yang dimiliki.

Sumber: mutaeasy.com, skripsigroup.com dan idntimes.com