Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Ada kekurangan tenaga kerja di sektor TI dan ada banyak peluang bagi mereka yang memiliki kualifikasi atau pengalaman di bidang ini. Faktanya, banyak industri merekrut spesialis IT yang terampil.

 

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan di bidang TI atau bekerja dengan komputer, ketahuilah satu atau dua hal, dan jika Anda sedang mencari pekerjaan baru, ini bisa menjadi pilihan tepat untuk karier Anda.

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa Yang Tepat Untuk Karier

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa

Seiring kemajuan teknologi, pekerjaan baru bagi mereka yang memiliki keterampilan TI terus bermunculan di sejumlah industri yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan kelas IT mana yang akan diambil, Anda harus melihat berbagai pekerjaan yang bisa Anda dapatkan dan Kursus Komputer Bisa Kerja Apa yang diperlukan untuk membuat seseorang mempekerjakan Anda.

 

1. Web Developer

Web Developer membuat program digital untuk pelanggan mereka. Peran mereka adalah mengelola proyek dari awal hingga akhir. Mereka harus terbiasa dengan sejumlah bahasa pemrograman yang berbeda seperti Java, C++, Python, dll.

 

Seorang pelanggan mungkin memerlukan pemeliharaan program juga setelah selesai. Ini adalah Kursus Komputer Bisa Kerja Apa, sebuah pekerjaan teknisi IT bukan pekerjaan Web Developer. Namun, departemen TI pelanggan mungkin tidak cocok untuk ini.

 

Jumlah peran pengembangan web telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir serta gaji yang mereka peroleh dan tunjangan pekerjaan. Pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di LinkedIn. Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Disiplin
  2. Kegigihan
  3. Kemampuan analisis
  4. Kreativitas

 

Untuk menjadi Web Developer, Anda membutuhkan lebih dari sekedar A-Level di bidang TI. Dalam banyak kasus, Anda mungkin memerlukan gelar.

 

Namun, Anda dapat belajar sendiri (atau belajar dengan bantuan tutor) dan membuktikan diri Anda sebagai kandidat yang layak. Jika Anda telah mengambil jalur akademis, Anda dapat mempertimbangkan spesialisasi dan studi lebih lanjut.

 

Ada gelar master yang tersedia jika Anda benar-benar bertekad untuk menyerahkan masa depan Anda ke dunia Teknologi Informasi yang menguntungkan. Jika Anda mengalami masalah dengan kelas Anda, jangan lupa bahwa ada tutor privat yang tersedia untuk membantu Anda.

 

Gaji Rata-Rata Web Developer

Semakin berkualitas Anda, semakin tinggi gaji yang dapat Anda minta dan semakin cepat Anda menjadi pemimpin proyek. Gaji rata-rata: Rp 150 juta/tahun.

Importir Aksesoris HP Dari China Harga Barang Lebih Murah

2. App Developer Smartphone/Tablet

Pekerjaan mengembangkan aplikasi memiliki masa depan yang cerah. Dengan pemikiran ini, menjadi App Developer smartphone/tablet mungkin merupakan ide yang sangat bagus. Ada ribuan aplikasi iOS dan Android yang dibuat setiap hari. Anda mungkin perlu belajar selama beberapa tahun sebelum dapat membangun aplikasi Anda sendiri.

 

Kursus Komputer Bisa Bekerja Apa? App Developer bertanggung jawab atas pelaksanaan teknis aplikasi. Mereka dapat membuat aplikasi mandiri, mengadaptasi situs web, atau bahkan mengoptimalkan aplikasi yang ada.

 

Untuk itu, mereka diharapkan dapat mengikuti design brief dan juga memiliki pemahaman tentang manajemen data. Aplikasi perlu diuji secara berkala setelah selesai untuk memeriksa semuanya berfungsi. Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Disiplin
  2. Kemampuan analisis
  3. Keterampilan mengajar
  4. Otonomi
  5. Rasa ingin tahu

 

Sekali lagi, Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Anda mungkin memerlukan gelar untuk pekerjaan ini. Anda juga harus memiliki pemahaman tentang beberapa bahasa pemrograman. Namun, tidak ada keteguhan dan ada beberapa alternatif untuk rute akademik yang khas.

 

Gaji Rata-Rata App Developer Smartphone

Anda mungkin tidak puas dengan semua yang Anda pelajari di universitas (bahkan jika Anda adalah mahasiswa terbaik di negara ini!). Gaji rata-rata: Rp 150 juta/tahun. Cari kursus komputer di Jakarta atau kursus komputer di Jogja.

 

3. Webmaster

Peran webmaster dapat sangat bervariasi tergantung pada perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka dapat bertindak sebagai teknisi IT, desainer grafis, editor, atau semuanya.

 

Sebelum situs web diluncurkan, peran webmaster adalah membantu membangun situs. Oleh karena itu mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang HTML. Mereka juga perlu mengetahui beberapa hal tentang komputer, tentunya.

 

Webmaster mungkin harus menemukan dan memperbaiki bug sebelum situs ditayangkan. Mereka harus waspada! Mereka juga dapat ditugaskan dengan konten situs web, pengeditan, video, foto, dll.

 

Pengetahuan serba bisa bermanfaat. Jika mereka tidak bertanggung jawab untuk mengedit, mereka mungkin diharapkan untuk memandu editor dan memberi tahu mereka pembaruan apa yang diperlukan. Anda mungkin sudah mendapatkan gambarannya sekarang. Hal terpenting tentang seorang webmaster adalah kemampuan beradaptasi! Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Kemampuan beradaptasi
  2. Kemampuan analisis
  3. Ketersediaan
  4. Efektivitas

Ada beberapa kualifikasi yang tersedia bagi mereka yang ingin menjadi seorang webmaster. Namun, pelatihan akademik mungkin masih kurang. Anda harus mempertimbangkan untuk belajar lebih banyak setelah Anda menyelesaikan gelar Anda atau mengambil les privat.

 

Gaji Rata-rata Webmaster

Akan sangat berguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis tempat Anda bekerja. Gaji rata-rata: Rp 120 juta/tahun. Cari tahu lebih lanjut tentang tutorial keamanan cyber di web kami.

Grosir Aksesoris HP Glodok Mirage Indonesia Brand Ternama

4. Web Designer

Apakah Anda orang yang sangat kreatif? Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Maka Anda akan senang bekerja sebagai Web Desainer!

 

Tugas seorang Web Desainer adalah menciptakan identitas visual untuk situs web merek. Tugas mereka adalah mengikuti ringkasan desain situs web. Apa yang Dapat Dilakukan Kursus Komputer?

 

Bagi mereka yang membutuhkan pikiran praktis dan kreatif karena setelah ringkasan desain siap, tugas Web Desainer adalah membuat visual dan gambar yang akan memberikan tampilan dan nuansa pada situs web.

 

Tujuannya adalah untuk membuat situs menarik secara visual bagi calon pengunjung sambil memastikan bahwa situs tetap berfungsi. Web Desainer harus terbiasa dengan perkembangan terbaru dalam pemasaran elektronik, e-niaga, kompatibilitas ponsel cerdas, dll.

 

Seorang Web Desainer juga harus mahir dalam Photoshop, Illustrator, dan Illustrator serta Flash dan After Effects. Mereka membutuhkan pengetahuan tentang HTML dan CSS untuk membantu mereka bekerja lebih baik dengan pengembang situs. Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Diplomasi
  2. Kreativitas
  3. Organisasi
  4. Otonomi

Untuk menjadi seorang Web Desainer, Anda perlu mempelajari desain digital dengan IT atau mata kuliah IT dengan kursus tambahan dalam desain digital. Jadi, Kursus Komputer Bisa Kerja Apa?Anda juga dapat mengambil kelas tambahan ini di luar universitas atau bahkan meminta bantuan dari guru privat.

 

Gaji Rata-Rata Web Desainer

Jika Anda baru saja memperoleh gelar IT, Anda dapat meningkatkan spesialisasi Anda dengan gelar pascasarjana. Gaji rata-rata: Rp 100 juta/tahun.

 

 

5. SEO Specialist

SEO Specialist semakin dicari. Tugas mereka adalah memastikan bahwa situs web pelanggan muncul sebagai salah satu hasil pertama saat ditelusuri. Jika Anda seorang ahli SEO, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Google.

Untuk melakukan ini, mereka membutuhkan tiga keterampilan utama:

  1. Keterampilan mengedit untuk memastikan bahwa kata kunci muncul di artikel
  2. Keterampilan sosial untuk menjalin kemitraan dengan situs lain.
  3. Keterampilan teknis untuk membuat situs web muncul di bagian atas mesin pencari.

 

SEO Specialist harus menjadi yang teratas: mereka menganalisis statistik dan kemudian diharapkan dapat memberikan saran untuk meningkatkan visibilitas situs. Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Keterampilan komunikasi dan jaringan
  2. Keterampilan mengajar
  3. Tahan terhadap stress

 

Untuk menjadi ahli SEO, Anda mungkin perlu menggabungkan pengetahuan pemasaran dan TI. Anda memerlukan kedua keahlian karena Anda harus mampu mengevaluasi suatu masalah dan mengetahui langkah-langkah teknis yang diperlukan untuk memperbaikinya. Meskipun tidak banyak pilihan untuk mempelajari SEO secara langsung, Anda tidak perlu khawatir!

 

Gaji Rata-rata SEO Specialist

Anda dapat belajar banyak tentang hal itu di tempat kerja! Ada juga banyak sumber belajar yang tersedia bagi mereka yang ingin belajar tentang bidang ini. Gaji rata-rata: Rp 100 juta/tahun. Jika Anda sudah ahli, mengapa tidak mempertimbangkan untuk memberikan les privat online?

 

6. Manajer Proyek Digital

Lebih dari seorang manajer daripada teknisi TI, tugas manajer proyek digital adalah mengelola tim pengembang. Oleh karena itu, mereka diharapkan mengetahui apa yang dapat dilakukan oleh kursus komputer dan memprioritaskan tugas.

 

Tugas mereka adalah memastikan bahwa ringkasan desain terpenuhi dan orang-orang yang dipekerjakan bekerja secara efektif dan tepat untuk pekerjaan itu. Tugas mereka adalah mendelegasikan tugas kepada tim.

 

Pekerjaan mereka mungkin juga termasuk mengelola anggaran untuk proyek dan menghindari penundaan dan memenuhi tenggat waktu. Mereka akan memastikan bahwa tim mereka tetap termotivasi dan bahwa setiap anggota memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan itu.

 

Mereka diharapkan untuk mengelola beberapa proyek sekaligus. Mereka harus mampu membuat keputusan penting. Kualitas yang dibutuhkan:

  1. Kegigihan
  2. Kemampuan berkomunikasi
  3. Keterbukaan pikiran
  4. Organisasi
  5. Pragmatisme

 

Banyak perusahaan akan bertanya Kursus Komputer Bisa Bekerja Apa seperti manajer proyek mereka memiliki setidaknya gelar master di bidang yang sesuai dan keterampilan administrasi yang sesuai. Seorang manajer proyek juga akan membutuhkan banyak pengalaman mengelola tim.

 

Gaji Rata-Rata Manajer Proyek Digital

Tidak banyak pilihan untuk mempelajari manajemen proyek secara langsung. Anda harus bekerja keras untuk posisi kompetitif seperti ini. Gaji rata-rata: Rp 200 juta/tahun. Jika Anda ingin mengajar TI, Anda harus ingat bahwa ada banyak gelar dan kualifikasi yang Anda perlukan.

 

Kesimpulan

  1. Tidak semua pekerjaan TI mengharuskan Anda mengetahui cara memprogram komputer. Anda mungkin hanya perlu memimpin proyek, mengedit konten, atau bahkan hanya mengelola tim. Anda harus bisa beradaptasi jika Anda sangat ingin bekerja di bidang IT.
  2. Anda dapat mempelajari keterampilan TI di luar sekolah dengan tutor pribadi atau bahkan di tempat kerja. Perusahaan menghargai pengalaman sebanyak kualifikasi.
  3. Apakah Anda ingin menjadi pengembang Java, administrator sistem, konsultan TI, atau Pengembang Aplikasi, Anda perlu memastikan bahwa Anda terlatih dan memiliki keterampilan yang tepat.
  4. Pekerjaan di bidang IT tidak akan hilang dalam waktu dekat sehingga memilih Kursus Komputer Bisa Bekerja Apa yang bekerja di bidang ini adalah pilihan yang aman.

 

Lulus kursus komputer bisa kerja apa?

Apa Karier TI Yang Harus Anda Pilih Setelah Mengikuti Kursus?

  1. Designer web.
  2. Manajer Proyek Digital.
  3. Pakar Search Engine Optimization (SEO)
  4. Pengembang Aplikasi Smartphone / Tablet.
  5. Pengembang Web.

 

Kursus komputer bekerja dimana?

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Berikut beberapa peluang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari lembaga pelatihan dan kursus komputer:

  1. Advertising Editor.
  2. Content Writer.
  3. Desaign Grafis.
  4. Digital Marketing.
  5. Vidio Editor.
  6. Web Desaign.

 

Kursus apa yang bisa langsung kerja?

Kursus yang Menjanjikan & Dibutuhkan di Dunia Kerja

  1. Kursus Bahasa Asing.
  2. Kursus Bahasa Isyarat.
  3. Kursus Desain Grafis.
  4. Kursus Digital Marketing.
  5. Kursus Menulis.
  6. Kursus Microsoft Office.
  7. Kursus Public Speaking.
  8. Kursus Web Developer.

 

Apa kelebihan jika kita kursus komputer?

Kelebihan kursus Komputer memang para siswa selain belajar mengoperasikan juga akan diberikan pembelajaran atau materi. Artinya setelah lulus atau selesai kursus selain bisa mengoperasikan pada siswa juga bisa mengetahui fitur, fungsi, dan cara mengatasi beberapa masalah yang sering muncul.

 

Apa yang dipelajari di kursus komputer?

Berikut adalah pelajaran nya:

  1. Akuntansi Excel.
  2. Aministrasi Perkantoran.
  3. Animas dan Video Editing.
  4. Desain Grafis.
  5. Desain Interior.
  6. Excel Macro.
  7. Web Design.
  8. Web Programming.

 

Apa perbedaan kursus dan pelatihan kerja?

Menurut Kaswan, Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Pelatihan adalah proses meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan. Pelatihan juga bisa meliputi dari sikap atau prilaku sehingga karyawan mampu melakukan tugas dan menyelesaikan secara efektif. Kursus meruapakan suatu lembaga pelatihan dari satuan pendidikan non formal.


Sumber: superprof.co.id