Satu Atap Coworking Space Trenggalek Wadah Komunitas Kreatif

Satu Atap Coworking Space Trenggalek Wadah Komunitas Kreatif

Coworking Space Trenggalek – Bisnis penyediaan co-working space atau coworking space di Indonesia sudah berkembang sejak 8 tahun yang lalu. Tidak hanya di kota besar, tren ini juga mulai terlihat di kota-kota kecil.

 

Satu Atap Coworking Space Trenggalek

Coworking space satu atap akan dibuka Desember ini di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pembukaan coworking space ini diprakarsai oleh pemerintah kabupaten setempat dan tidak berorientasi pada keuntungan.

 

Coworking Space Trenggalek berkembang

Kami ingin komunitas kreatif di Trenggalek hidup dan berkembang, kata Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin kepada Tempo usai menjajaki Indonesian Coworking Meeting di Semarang. Baginya, pemerintah perlu turun tangan untuk bisa mengembangkannya.



Trenggalek memiliki anak muda yang kreatif

Ia mengaku iri dengan kota-kota besar yang memiliki banyak komunitas kreatif. Trenggalek sebenarnya memiliki banyak anak muda yang kreatif, tapi umumnya bekerja di kota lain seperti Yogyakarta dan Surabaya, katanya.

 

Satu gedung pemerintahan kemudian disiapkan menjadi coworking space. Grup bekerja sama dengan One Roof Coworking dari Surabaya untuk membuat konsep dan rencana.

Renjana Coworking Space Ponorogo Warunk dan Working Space

Coworking Space adalah interaksi pekerja kreatif

Kami tidak ingin tempat itu hanya menjadi tempat berkumpul. Pria berusia 28 tahun itu berharap coworking space ini bisa menjadi tempat interaksi para pekerja kreatif sehingga melahirkan ekosistem kreatif yang saling bekerjasama.

Di sisi lain, pengelolaan tempat sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat. Kami berencana tidak menyerahkan masalah ini kepada pegawai negeri. Ia khawatir kekakuan birokrasi justru akan kontraproduktif bagi perkembangan komunitas kreatif di daerah.

Arifin adalah wakil bupati termuda di Indonesia. Ia diangkat menjadi Wakil Bupati pada usia 25 tahun pada 2016. Tahun depan, ia akan dilantik sebagai Bupati untuk menggantikan Emil Dardak yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur.




Satu Atap Coworking untuk Komunitas Kreatif

CEO One Roof Coworking, Ahmed Tessario mengatakan telah melakukan pemetaan komunitas kreatif di Trenggalek. Kita juga sudah membahas manfaat dari keberadaan coworking ini. Komunitas pedagang online menjadi salah satu sasarannya. Hasilnya bakal besar untuk pemasaran kreasi di Trenggalek, ujarnya. Dengan demikian, keberadaan coworking space dapat meningkatkan perekonomian di kabupaten tersebut secara riil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.