Cara Menjadi Agen Ban Motor bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, terutama saat berkendara di jalan raya yang banyak dilalui kendaraan. Maka jangan heran jika bengkel sepeda motor tidak hanya sekedar menjual oli atau jasa service saja. Sebagai gantinya, mereka juga menjual ban sepeda motor baru untuk diganti jika bocor.

 

Cara Menjadi Agen Ban Motor

Selain itu, ban sepeda motor juga perlu diganti bila ban motor yang dimiliki pengendara saat ini sudah mulus. Karena hal ini akan meningkatkan risiko terpeleset, terutama di jalan yang licin.

 

Cara Menjadi Agen Ban Motor tentunya sangat dibutuhkan peran mereka, karena mereka bertugas mendistribusikan ban baru ke bengkel-bengkel. Setelah kita membahas cara menjadi agen voucher kuota, berikut akan kami jelaskan Cara Menjadi Agen Ban Motor.

 

Apa Itu Agen Ban Motor?

Agen ban sepeda motor adalah pihak yang secara langsung mendistribusikan dan menjual produk ban sepeda motor berbagai merk kepada pembeli. Dalam hal ini Cara Menjadi Agen Ban Motor berarti pengecer atau bengkel sepeda motor.

 

Bagi para pemilik usaha reparasi sepeda motor tentunya akan lebih memilih untuk membeli ban sepeda motor baru dari agen. Selain mudah dilakukan, biasanya agen tidak hanya menjual satu merek ban sepeda motor.

 

Merek ban motor yang ‘wajib’ disediakan oleh agen antara lain Michelin, IRC (Inoue Rubber Company), Pirelli, Dunlop, Bridgestone Battlax, Aspira, Corsa, FDR, dan lain-lain. Setiap tahun terkadang muncul brand baru yang tidak kalah kualitasnya.

 

Jadi sistem agen ban motor ini sama dengan reseller yaitu mendapatkan suplai untuk dijual kembali agar mendapatkan keuntungan. Semakin banyak merek ban sepeda motor yang dipasok maka semakin besar keuntungan yang dibeli oleh konsumen.

 

Setiap tahun penggunaan kendaraan bermotor khususnya mobil semakin meningkat. Baik untuk penggunaan pribadi maupun penggunaan komersial untuk bisnis seperti taksi online. Dengan meningkatnya penggunaan mobil, peluang bisnis terkait kendaraan bermotor juga semakin tinggi.

 

Salah satu bisnis otomotif yang patut dicoba adalah menjual aksesoris kendaraan seperti velg dan ban. Sebagai bagian penting dari Cara Menjadi Agen Ban Motor, baik ban maupun velg perlu diganti dan diberikan perawatan secara berkala agar nyaman digunakan. Namun ada juga orang yang mengganti ban dan velg untuk mempercantik tampilan kendaraan.

Cara Membuka Usaha Toko Ban Motor dengan Paket 50 Juta

Cara Agar Agen Ban Motor Berjalan Baik

Sebagai peluang bisnis, membuka toko ban mobil murah sangat menjanjikan. Apalagi jika toko yang dibuka bisa menawarkan barang yang berkualitas. Untuk itu Cara Menjadi Agen Ban Motor agar usaha bengkel ban mobil yang dirintis berjalan dengan baik, perhatikan hal-hal berikut ini.

 

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Dalam bisnis jual beli, pemilihan lokasi sangatlah penting. Untuk toko ban sendiri, lokasi pinggir jalan merupakan tempat yang strategis.

 

Posisi ini akan memudahkan kedua belah pihak, penjual dan pembeli. Penjual dapat dengan mudah menawarkan kepada pengemudi dan pembeli yang membutuhkan akan dengan mudah menemukan lokasi toko.

 

Namun, posisi strategis tersebut memiliki tantangan tersendiri. Mungkin ada lebih dari satu Cara Menjadi Agen Ban Motor yang berjejer di sepanjang jalan. Jangan hanya mengandalkan penawaran toko ban mobil murah, pemilik toko dan karyawan harus bisa menarik pembeli untuk menjadi pelanggan tetap dengan memberikan pelayanan yang memuaskan.

 

2. Menyediakan Fasilitas dan Pelayanan yang Memadai

Untuk menunjang penjualan ban dan velg, berikan juga pelayanan penunjang yang memadai agar pelanggan tidak beralih ke toko lain. Layanan ini bisa berupa perawatan ban atau velg. Bisa juga dengan menggembungkan atau menambal ban untuk ban yang kekurangan udara atau bocor.

 

Selain pelayanan, Cara Menjadi Agen Ban Motor dan fasilitas toko juga perlu diperhatikan. Kalaupun ingin membuka toko ban mobil murah, tak ada salahnya menyediakan lahan parkir yang luas agar bisa menampung kendaraan lebih banyak. Sediakan juga mesin pendingin dan beberapa majalah agar pembeli tidak haus dan bosan saat menunggu servis mobil.

 

3. Rekrut Karyawan Berpengalaman

Meski membuka usaha bengkel otomotif merupakan usaha rintisan, sebaiknya pemilik bengkel tidak asal memilih karyawan saja. Memilih dan mempekerjakan karyawan yang memahami bidang teknik mesin, khususnya mesin otomotif. Karyawan dan pekerja yang memahami pekerjaannya dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

 

Karyawan juga harus ramah dan sopan kepada pembeli. Sekalipun bisnis yang Anda jalankan adalah toko ban mobil murah, jangan sampai sikap yang diarahkan pada pelanggan menjadi tidak beradab. Keramahan seorang karyawan dapat menjadi salah satu cara untuk menjadi agen ban motor dan memberikan kenyamanan kepada pembeli.

 

4. Lakukan Promosi

Setelah ketiga poin di atas terpenuhi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi. Di era modern ini, selain melakukan promosi secara konvensional, Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial. Dapatkan pelanggan sebanyak mungkin dari media yang terhubung secara universal.

5 Cara Menjadi Agen Ban Motor Prosesnya Jauh Lebih Mudah
Cara Menjadi Agen Ban Motor

5. Bekerja Sama Dengan Toko Yang Memiliki Waralaba

Jika semua hal di atas terpenuhi namun terkendala masalah pendanaan, bekerja sama dengan toko yang membuka franchise bisa menjadi pilihan. Salah satu Cara Menjadi Agen Ban Motor yang memiliki banyak cabang di kota-kota besar adalah Ottoban Indonesia.

 

Barang yang mereka tawarkan bervariasi dan berkualitas tinggi. Pelayanan yang diberikan juga memuaskan, jadi tidak ada ruginya anda bekerja sama dengan toko ini.

 

Cara Daftar Menjadi Agen Ban Motor

Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak ulasan lengkapnya tentang cara daftar dan Cara Menjadi Agen Ban Motor terbaru terlengkap. Simak ulasannya pada pembahasan berikut ini.

 

1. Pelajari Jenis Ban

Penelitian diperlukan untuk mempelajari jenis-jenis ban, seperti ukuran ban, peringkat kecepatan, indeks beban, kualitas ban, jangkauan beban, dan dasar-dasar ban sepeda motor. Ini penting karena Anda akan berbisnis di bidang ini.

 

Pada dasarnya, ada tiga jenis utama ban sepeda motor, yaitu ban konsumen, ban komersial, dan yang terakhir adalah ban khusus. Daftar keunggulan masing-masing ban motor ini perlu diketahui oleh distributor langsung.

8 Distributor Ban Gajah Tunggal Surabaya Kualitas Istimewa

2. Buat Daftar Produk

Cara Menjadi Agen Ban Motor selanjutnya adalah dengan menganalisa pasar ban di daerah Anda. Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bisnis ini dengan melihat perkembangan bisnis kompetitor atau kompetitor Anda.

 

Dari situ Anda bisa mengetahui kekurangan kompetitor Anda, mungkin salah satunya adalah daftar produk yang tidak lengkap. Dan sebagai pendatang baru, Anda bisa melengkapi daftar produk ban motor yang ditawarkan.

 

3. Rencana Bisnis

Sangat penting untuk menyusun rencana bisnis, termasuk tinjauan bisnis, analisis pesaing, dan target pasar Anda. Proyeksi keuangan dan peluang pendanaan juga penting selain lokasi dan koneksi bisnis.

 

Jelaskan dalam rencana bisnis Anda di mana Anda akan mendistribusikan ban dan mengapa. Misalnya, di dekat rumah Anda, apakah ada persimpangan jalan raya utama, dan apakah itu lokasi yang strategis untuk pemasaran?

 

4. Daftar Produsen atau Pemasok

Langkah terakhir adalah mendaftar sebagai agen produsen atau pemasok di daerah Anda. Padahal, menjadi agen cukup dengan mendaftar ke supplier dan biasanya prosesnya lebih mudah karena berkaitan dengan bidang usaha Anda.

 

Namun jika Anda ingin menjadi agen ban motor bekas, mau tidak mau Anda harus menghubungi pihak pabrikan. Dalam hal ini, Anda dapat langsung menghubungi produsen ban sepeda motor masing-masing.

 

Kontak Agen Ban Motor

Jika Anda ingin tahu Cara Menjadi Agen Ban Motor, Anda bisa langsung menghubungi kontak di bawah ini. Silahkan simak penjelasan dan penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Michelin

Berlokasi di: MARQUEE – Pondok Indah Office Tower 3
Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda No.4, RT.4/RW.3, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
Telepon: (021) 29353600

 

2. IRC (Inoue Rubber Company)

Address: Jl. Hayam Wuruk No.8, RT.6/RW.2, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120
Phone: (021) 3500909

 

3. Pirelli

Auto Plus
Jl. Pluit Permai No. 33, RT.1/RW.5, Pluit,
Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta 14450
Tel: +6285 5786 6123

 

4. Clovertech Garage Indonesia

Jl. Karapitan No. 117, Cikawao, Lengkong,
Kota Bandung, Jawa Barat 40261

Tel: +622 731 7117 / +622 730 3332

14 Distributor Ban Swallow Surabaya Ini Bisa Menjadi Andalan

5. Dunlop

Wisma Indomobil 12th Floor
Jl. Letjen M.T. Haryono Kav.8 Jakarta 13330
Telp (+62 21) 851-2561 (Hunting)
Fax (+62 21) 856-5893
e-mail : marketing@dunlop.co.id

 

6. Bridgestone

Alamat: Kawasan Industri Surya Cipta Kav. 8 – 13, Ciampel, Kutanegara, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363
Telepon: (0267) 440202

Alamat: Jl. Raya Kaliabang No.Km 27, RT.007/RW.016, Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17124
Telepon: (021) 8840828

 

7. Battlax

+62-822-1111-8963
+62-822-1111-8963
battlax.indonesia@gmail.com

 

8. Aspira

Alamat: Jl. Raya Jakarta – Bogor KM. 51.3 Ciluar, Cimandala, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710
Telepon: (0251) 8652703

 

9. Corsa

Website: https://www.corsatire.co.id/in/hubungi-kami/
Alamat: Michelin Indonesia, RT.4/RW.3, Pondok Indah, Kebayoran Lama, South Jakarta City, Jakarta 12310
Telepon: (021) 56952323

 

Akhir Kata

Mungkin pada kesempatan kali ini cukup sekian pembahasan artikel diatas yang telah kami ulas tentang cara daftar menjadi agen ban motor. Semoga penjelasan Cara Menjadi Agen Ban Motor ini dapat dipahami oleh anda yang ingin menjadi agen.

 

Sumber: batjokes.com dan ottobanindonesia.com