Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? Jika Anda berbicara tentang penjualan eceran, Anda memiliki margin 18%. Namun, karena biaya overhead, itu kacang. Jika Anda berniat masuk ke bisnis ban, saya sarankan bersama dengan penjualan Anda juga masuk ke layanan.

 

Layanan berarti penyelarasan roda dan vulkanisir ban. Investasi sangat besar, katakanlah Anda membutuhkan sekitar 2 cr untuk layanan tetapi jika Anda punya uang, itu sepadan.

 

Toko ban kecil tempat saya bekerja selama beberapa tahun saya sangat bergantung pada siapa pelanggannya. Jika seseorang yang datang tidak memiliki banyak uang dan membutuhkan ban baru, mungkin bulan Maret dan akan menjadi 0.

 

Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor

Kami akan menjualnya kepada mereka dengan biaya, di sisi lain, saya tahu ini kedengarannya tidak benar dan kedengarannya tidak benar-benar bisnis jika Anda mampu membelinya, Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? Margin keuntungan biasanya 35% hingga 40% di atas biaya.

 

Dan itu juga tergantung pada seberapa parah kami membutuhkan uang, tetapi sebagian besar waktu kami akan membantu pelanggan kami yang membutuhkan bantuan.

 

Saya tahu ini kedengarannya salah, tetapi jika mereka membutuhkan lebih banyak bantuan, kami akan bekerja lebih keras untuk membantu mereka lebih dari kami adalah orang-orang yang mampu membelinya. Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor untuk pengecer adalah sekitar 4-5 persen.

Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor, Margin Hingga 40%
Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor?

Apa yang saya perlukan untuk memulai bisnis penjualan ban?

Saya pikir Anda harus terlebih dahulu mulai dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini:

“Mengapa orang akan membeli dari Anda (bukan pesaing Anda)?”

 

Di mana pun Anda mendirikan toko, pesaing dengan sumber daya keuangan dan daya beli yang jauh lebih dalam akan berada di dekatnya. Apa proposisi penjualan unik Anda? Apa yang dapat Anda lakukan yang tidak dapat atau tidak akan dilakukan orang lain?

 

Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini dan hanya membuka bisnis Anda tanpa keunggulan kompetitif, kemungkinan besar bisnis Anda tidak akan bertahan. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan ini secara mendalam dan dapatkan jawaban yang solid sebelum memulai bisnis Anda.

 

Kondisi jalan raya yang padat membuat sepeda motor menjadi moda transportasi favorit banyak orang. Tak heran jika peningkatan populasi sepeda motor sangat signifikan dari tahun ke tahun.

 

Hal ini membawa berkah tersendiri bagi pemilik usaha yang berhubungan dengan sepeda motor. Salah satunya adalah toko yang khusus menyediakan ban sepeda motor.

 

Dulu, pilihan ban sepeda motor tidak sebanyak sekarang. Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah di bengkel umum, yang biasanya menyediakan ban standar, yang merupakan bawaan pabrik untuk sepeda motor. Padahal, permintaan ban dengan berbagai ukuran dan lekukan cukup banyak.

 

Karena itulah, dalam beberapa tahun terakhir, muncul toko ban khusus dengan koleksi yang lengkap. Pengguna sepeda motor dapat menemukan ban yang sesuai dengan kendaraannya di toko ini. Selain pemasangan gratis, toko khusus ban juga menyediakan layanan tambahan, seperti isi ulang nitrogen gratis.

 

Salah satu toko yang paling agresif berkembang adalah Planet Ban. Toko milik PT Langitnya Motor Indonesia ini berdiri sejak tahun 2010.

7 Cara Menentukan Harga Jual Spare Part Motor Agar Untung

Sebelumnya, perusahaan ini bergerak di bisnis ritel Biker’s Heaven di Depok, Jawa Barat. Supermarket tersebut menjual berbagai perlengkapan untuk sepeda motor dan pengendara, mulai dari helm, velg, suspensi, oli, hingga ban.

 

Dalam perjalanannya, PT SMI beralih ke lini bisnis baru. Bagus Adrian, Manajer Marcomm PT SMI, mengatakan dari pengalaman yang ada, ban sepeda motor merupakan produk yang sangat diminati masyarakat.

 

Kemudian pada tahun 2011, PT SMI membuka gerai Planet Ban di Kalimalang dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Melihat prospek yang lebih menguntungkan dari Planet Ban, PT SMI menutup gerai Biker Heaven.

 

Perusahaan ini bisa dibilang sedang gencar melakukan ekspansi. Pasalnya, hingga saat ini PT SMI sudah memiliki 175 gerai Planet Ban. Dulu hanya merambah wilayah Jabodetabek, kini Planet Ban sudah merambah berbagai pelosok dari Jawa Barat hingga Bali.

 

Bagus menuturkan, frekuensi mengganti ban pun tidak terlalu sering. Untuk ban depan sepeda motor, biasanya baru diganti setelah 1,5 tahun.

 

Ban belakang lebih cepat, yaitu kurang dari setahun. Namun, jumlah sepeda motor yang semakin meningkat dari hari ke hari membuat permintaan ban seakan tidak pernah berhenti.

 

Permintaan ban di Planet Ban selalu bertambah

Permintaan ban di Planet Ban selalu meningkat, bisa mencapai 20% per tahun. Angka ini bisa lebih tinggi karena gerai Planet Ban terus bertambah setiap tahunnya.

 

Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? Kesempatan ini juga ditangkap oleh Pradiptyo Ariawan dan Andreas Aldrin, pemilik Rumah Ban Motor di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pradiptyo yang sering disapa Ario mengatakan, permintaan ban di bengkelnya meningkat 40-60% per tahun.

 

Ario memulai bisnis ini dari pengalaman buruk di salah satu toko. Karena saat itu sangat sedikit toko yang khusus menjual ban, sehingga pelayanan yang diberikan kurang maksimal, sehingga saya kurang puas. Jadi, Ario membuka Rumah Ban Sepeda Motor pada tahun 2011.

 

Pria berusia 38 tahun ini mengatakan bahwa respon masyarakat terhadap usahanya cukup baik. Jadi, kurang dari setahun dia sudah mengembalikan investasinya.

 

Rumah Ban menyediakan berbagai varian dan ukuran ban, untuk bebek, matic, hingga motor sport dan motor besar. Ario menjual koleksi bannya dengan kisaran harga Rp 270.000 hingga Rp 7 juta per pasang.

 

Dalam sehari, Ario bisa menjual 25 hingga 30 ban sepeda motor. Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? Ia mengaku bisa mengantongi omzet Rp 350 juta per bulan dengan laba bersih 25%.

 

Pasar untuk bisnis ini sangat luas karena semakin banyak varian sepeda motor, tidak hanya sepeda motor bebek tetapi juga sepeda motor besar. Oleh karena itu kami mengkhususkan diri dalam menjual ban karena kebutuhan yang sangat besar.

 

Sementara itu, Bagus mengatakan setiap gerai Planet Ban bisa mendapatkan omzet Rp 4 juta hingga Rp 25 juta per hari. Kisarannya cukup tinggi karena pendapatan di gerai tergantung pada luas gerai. Semakin luas gerai, semakin lengkap stok ban dan semakin banyak penjualan.

Stok dan alat lengkap

Dari sisi persaingan, bisnis penjualan ban memang sudah mulai kompetitif khususnya di Jabodetabek. Namun karena tingginya permintaan ban sepeda motor, baik Ario maupun Bagus mengatakan, peluang bisnis mereka masih terbuka lebar. Tertarik?

 

Jika Anda ingin terjun ke bisnis ini, pastikan stok ban Anda aman. Jadi sejak awal kerjasama dengan produsen dan distributor ban sepeda motor harus jelas. Ario mengatakan pemilik bengkel khusus ban harus pintar-pintar bernegosiasi dengan produsen atau produsen ban. Jadi, pengusaha bisa mendapatkan harga yang kompetitif.

 

Pasalnya, pelanggan datang dengan kebutuhan ban yang berbeda-beda. Jika stok ban di toko sudah lengkap, maka pelanggan puas karena kami tidak perlu menunggu pasokan ada di sana sebelum kami melayaninya. Sejauh ini, Ario menyediakan 14 merek ban sepeda motor dengan berbagai ukuran di tokonya. Ada lima merek impor di antaranya.

 

Jika stok aman, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi outlet. Pertimbangan utama dalam memilih lokasi adalah lalu lintas sepeda motor yang padat atau padat. Jadi, sebagian besar toko ban khusus dibuka di sisi jalan yang sering dilalui sepeda motor.

 

Selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menyiapkan perlengkapan toko. Ada beberapa alat yang harus dimiliki, antara lain tyre changer, mesin untuk membuka dan memasang ban, serta kompresor untuk memompa ban sepeda motor.

 

Ario mengatakan mesin ini sudah diproduksi di dalam negeri, namun bisa juga didatangkan dari China atau Jerman. “Kami membeli produk dari China dengan harga puluhan juta rupiah.

 

Sebenarnya, saat merintis Rumah Ban Motor, Ario belum menggunakan mesin untuk membongkar ban. Saat itu, dibantu oleh tiga orang karyawan, Ario memasang ban secara manual alias dengan tenaga manusia. Tapi karena permintaan ban meningkat, dia membeli mesin tyre changer.

 

Sekarang sudah tidak bisa lagi menggunakan cara manual karena sudah banyak pelanggannya. Selain itu, ban yang akan dipasang tidak hanya berukuran kecil tetapi juga berukuran besar untuk sepeda motor.

 

Ario mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memulai bisnis ini. Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? yaitu sekitar Rp. 100 juta.

Dropship Sparepart Motor Bisa Jualan Online Maupun Offline

Modalnya digunakan untuk membeli stok ban dan menyewa ruko kecil di Lebak Bulus. Dalam beberapa bulan terakhir, ia telah memindahkan bisnisnya, masih di lokasi yang sama dengan area yang cukup luas.

 

Bagus menambahkan, pembukaan satu gerai Planet Ban memakan waktu sekitar dua bulan. Setelah mendapatkan lokasi yang strategis, pihaknya merenovasi tempat tersebut. Kemudian booth diisi dengan berbagai perlengkapan untuk pemasangan ban dan stock ban.

 

Karena itulah toko ini membutuhkan rak besi khusus untuk memajang ban sepeda motor. Dengan adanya rak, pelanggan akan lebih mudah dalam memilih ban yang mereka butuhkan.

 

Planet Ban juga membuka plastik pembungkus ban untuk menunjukkan pola lekukan ban dan menempelkan label harga agar pelanggan tahu persis kualitas ban karena bisa melihat dan menyentuhnya.

 

Di bengkel-bengkel umum atau toko tradisional, ban ditumpuk dan masih dibungkus, sehingga pelanggan seperti membeli kucing dalam karung.

 

Pengetahuan produk

Ario menuturkan, tidak semua pengguna sepeda motor mengetahui jenis ban yang cocok untuk sepeda motornya. Sebenarnya, Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? kata Ario, sekitar 75% pemilik sepeda motor belum memahami jenis ban yang dibutuhkan atau cocok untuk sepeda motornya.

 

Untuk itu, karyawan bengkel harus memiliki pemahaman yang lengkap tentang ban sepeda motor. Dengan demikian, pelanggan tidak tertipu saat membeli ban. Kami harus siap menjelaskan berbagai informasi tentang ban jika pelanggan yang datang benar-benar blank tentang ban.

 

Ario mengatakan, Rumah Ban tidak melakukan strategi pemasaran tertentu. Dia hanya memberikan informasi tentang tokonya melalui situs media sosial. Hingga saat ini, Ario masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut.

 

Sementara itu, Bagus mengatakan bahwa ekspansi merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk Planet Ban. Semakin banyak gerai Planet Ban, semakin kuat kesadaran akan toko ini.

 

Planet Ban membedakan target pasarnya menjadi dua segmen, yaitu pengguna sepeda motor biasa dan penghobi sepeda motor. Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? Bagus mengatakan, sekitar 80% pelanggan Planet Ban merupakan segmen pertama.

 

Kami memang menargetkan pengguna sepeda motor biasa sehingga sebagian besar promosi kami ditujukan untuk mereka tetapi sebenarnya bertujuan untuk menarik penggemar sepeda motor juga.

 

Untuk mengedukasi pengguna sepeda motor biasa, Planet Ban mengadakan pelatihan bagi calon karyawan. Pelatihan berlangsung selama sebulan. Karyawan dituntut memahami ban sepeda motor, dan terampil dalam mengganti ban sepeda motor.

Layanan tambahan jaring konsumen

Kehadiran toko yang khusus menjual ban bukanlah hal baru dalam setahun terakhir. Toko ban terlihat banyak bermunculan. Oleh karena itu, ada baiknya jika yang ingin terjun ke bisnis ini bisa menonjolkan keunggulan tokonya. Berbagai layanan tambahan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

 

Salah satu layanan plus yang diberikan Planet Ban dan Rumah Ban adalah memberikan fasilitas pengisian ban dengan nitrogen secara gratis.

 

Bagus Adrian, Marcomm Manager PT Langitnya Motor Indonesia, mengatakan setiap pelanggan yang pernah membeli ban di Planet Ban bebas mengisi nitrogen di semua outletnya.

 

Kami akan memberikan kartu anggota kepada pelanggan yang telah membeli ban dan setelah itu, mereka dapat mengisi nitrogen untuk ban mereka di semua outlet Planet Ban kapan pun mereka membutuhkannya.

 

Layanan tambahan ini, menurut Bagus, membuat pelanggan selalu datang kembali ke toko meski tidak membutuhkan ban baru. Jadi ada keterikatan tidak langsung dengan Planet Ban. Selain itu, mereka biasanya mengajak kenalannya juga untuk membeli ban di Planet Ban.

 

Selain pengisian nitrogen gratis, Rumah Ban milik Pradiptyo Ariawan dan Andreas Aldrin memiliki layanan tambahan yaitu alat untuk menekan roda dan menyeimbangkan ban sepeda motor.

 

Namun, Berapa Persen Keuntungan Jual Ban Motor? kedua layanan ini dikenakan biaya tambahan juga.

 

Selain produk ban yang lengkap, pelayanan yang kami berikan juga lengkap; jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan ban motor, tersedia di Rumah Ban

 

Sumber: peluangusaha.kontan.co.id